Breaking News

Ini Dia Khasiat Jengkol Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Khasiat Jengkol Untuk Kesehatan – Seperti yang diketahui, jengkol identik dengan baunya yang khas. Namun jangan salah sangka, karena dibalik aroma yang kurang sedap, jengkol memiliki segudang manfaat terutama bagi kesehatan. Ada banyak sekali khasiatnya seperti meredakan gejala diabetes. Nah berikut beberapa khasiat jengkol untuk kesehatan yang wajib diketahui, diantaranya :

1. Mencegah Kurangnya Sel Darah Merah

Bagi yang mengonsumsi jengkol dalam jumlah yang wajar akan terhindar dari penyakit anemia. Selain mengurangi risiko penyakit anemia, sel darah merah yang diproduksi dalam jumlah yang cukup juga dapat membantu mencegah penyakit kronis lainnya. Maka dari itu, pastikan mengonsumsinya dalam jumlah yang pas dan sesuai yang disarankan.

2. Mengatasi Diabetes

Khasiat jengkol untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi diabetes. Jengkol dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dan mengandung gula yang ramah bagi penderita diabetes. Kandungan gula dalam jengkol tersebut dapat diurai dalam tubuh dengan mudah. Tidak hanya itu, bahkan bisa diubah menjadi energi oleh tubuh dan dapat digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang Dan Gigi

Jengkol mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi sehingga bagus untuk meningkatkan kesehatan dan meningkatkan pertumbuhan pada tulang dan gigi. Sedangkan untuk ibu hamil yang mengonsumsi jengkol juga baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang janin. Tidak hanya pada tulang dan gigi, namun juga menghindarkan risiko janin lahir dengan cacat fisik.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Selain yang sudah disebutkan di atas, jengkol juga berperan untuk mencegah penyakit jantung. Seperti yang diketahui, jengkol memiliki kandungan vitamin yang sangat baik untuk peredaran darah pada tubuh.

Apabila peredaran darah tubuh lancar, tentu tidak akan mengakibatkan penyumbatan darah dan membuat darah akan lebih mudah sampai ke jantung. Ketika aliran darah lancar makan jantung juga akan berfungsi lebih baik dan optimal.

5. Mengatasi Demam Berdarah

Khasiat jengkol berikutnya adalah mengatasi demam berdarah. Ekstra air kulit pada jengkol sendiri dapat digunakan sebagai larvasida. Fungsinya sendiri yaitu untuk mencegah penyakit demam berdarah. Namun, hal ini masih perlu dilakukan penelitian secara lebih lanjut untuk membuktikan khasiat dari jengkol dalam mengatasi demam berdarah.

6. Menangkal Radikal Bebas

Gabungan dari senyawa vitamin A dan vitamin B pada jengkol sangat baik sebagai antioksidan. Fungsinya sendiri yaitu menangkal radikal bebas yang bisa mempengaruhi pertumbuhan sel kanker maupun penyakit lainnya yang berbahaya. Dengan begitu, konsumsi jengkol dalam jumlah yang sesuai mampu menghindarkan dari berbagai risiko penyakit karena radikal bebas.

Namun meskipun demikian, tidak disarankan untuk mengonsumsi jengkol dalam jumlah yang berlebihan. Karena di samping memiliki banyak manfaat, juga terdapat efek samping yang mungkin ditimbulkan jika mengonsumsi terlalu banyak.

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Normalnya, setiap orang akan buang air besar minimal 1x sehari. Namun pada banyak kasus, orang yang mengalami metabolisme lambat. Tentu hal ini akan sangat tidak nyaman karena sisa makanan yang menumpuk dalam usus akan semakin mengeras.

Jengkol mengandung serat yang tinggi dan bagus untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan memperbaiki sistem pencernaan. Pencernaan yang sehat tentu akan membantu sistem metabolisme pada tubuh.

Itulah 7 khasiat jengkol untuk kesehatan yang perlu diketahui. Seperti yang sudah dijelaskan, meskipun banyak manfaat yang akan diperoleh jika mengonsumsi jengkol, namun tidak disarankan konsumsi dalam jumlah berlebih. Konsumsi dalam jumlah yang pas akan lebih baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.