Breaking News

Beginilah Cara Mengobati Tukak Lambung!

Cara Mengobati Tukak Lambung – Gejala nyeri di perut, kembung, bahkan merasa mual dan terasa panas di kerongkongan adalah ciri tukak lambung. Jangan terus dibiarkan dengan dalih nanti juga bisa sembuh sendiri. Banyak cara mengobati tukak lambung, diantaranya dengan bantuan dokter dan yang lain bisa dilakukan oleh diri sendiri. Cara menanganinya terbilang mudah, yaitu sebagai berikut:

Cara Mengobati Tukak Lambung Bersama Dokter Ahli

Gangguan di sistem pencernaan sering dialami oleh manusia. Namun, jika lebih dini ditangani efeknya tidak sampai serius. Bahkan bisa sembuh secara permanen. Awalnya hanya dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun, jika terus dibiarkan efeknya sangat fatal, maka perlu bantuan dokter dalam mengobatinya. Berikut ini cara mengobatinya:

1. Ikut Anjuran Dokter untuk Minum Obat

Penanganan pertama untuk mengobati tukak adalah memeriksakan diri ke dokter. Lebih lanjut, dokter menganalisa sesuai dengan gejala yang dirasakan oleh pasiennya. Setelahnya, dokter memberikan obat untuk meredakan tukak. Penyebabnya biasanya karena lambung terluka.

Pemberian obat itu untuk melawan bakteri bernama H. Pylori dengan tujuan penyembuhan dari luka lambung. Obat yang diberikan salah satunya adalah amoxicillin sebagai antibiotik untuk melindungi bakteri jahat. Selain itu, ada juga obat khusus tukak lambung yakni Bismuth subsalicylate.

2. Operasi

Jalan terakhir untuk pengobatan tukak lambung adalah dengan operasi. Jalan ini dipilih ketika sudah mencapai tahap kronis. Selain didukung oleh obat-obatan dari dokter juga dilakukan operasi. Jenis operasinya pun ada dua yakni vagotomy dan pyloroplasty.

Pembedahan vagotomy tertuju pada saraf vagus diangkat sebagian maupun keseluruhan yang fungsinya mengontrol pada sistem pencernaan. Sedangkan pyloroplasty adalah operasi yang pilorus dibuka pada bagian bawah untuk memperlancar isi di lambung ke usus halus.

Cara Mengobati Tukak Lambung Secara Mandiri

Sedangkan cara kedua bisa dilakukan diri sendiri di rumah. Bisa jadi menjadi langkah antisipasi agar tidak terlalu parah. Namun, juga bisa sebagai upaya penindakan atas tukak yang dirasakan. Berikut ini cara mengobati tukak lambung oleh diri sendiri:

1. Menjaga Pola Makan Sehat

Makanan sehat saat merasakan gejalanya adalah memilih makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Diantaranya adalah biji-bijian yang mengandung flavonoid. Makanan yang ada bakteri baik seperti yogurt. Latih memakan yang banyak seratnya.

Tukak lambung semakin tidak parah berhentilah untuk mengonsumsi makanan pedas secara rutin. Apalagi meneguk minuman yang beralkohol. Meskipun yogurt dianjurkan, tetapi tidak dengan susu karena justru akan memperparah tukak lambung.

2. Istirahat Yang Cukup

Cara ini dianggap mampu menyembuhkan tukak lambung. Berdasarkan penelitian dari jurnal amerika bahwa tidur yang cukup akibat dari penyakit sel dan jaringan rusak bisa diregenerasi. Hanya dengan tidur cukup didukung resep antibiotik perlahan sembuh.

Dasar penelitian itu menunjukkan efektifnya tidur yang cukup mampu menyembuhkan tukak lambung. Meskipun tidak langsung seketika, secara rutin biasakan mengatur pola tidur yang teratur dan cukup.

3. Hindari Stress

Salah satu pemicu tukak lambung karena asam lambung naik. Hal ini dikarenakan stress yang berlebihan. Maka dari itu agar penyakitnya tidak semakin parah, hindarilah stress. Cara menghindari stress adalah dengan mulai berpikir positif dan jangan overthinking.

Selain itu, pastikan menjaga hubungan baik dengan orang terdekat. Salah satu upaya menghindari stress lainnya adalah dengan rajin berolahraga meskipun sederhana yang penting rutin. Maka suasana perasaan jadi lebih stabil.

4. Berhenti Merokok

Ternyata tidak merokok mampu menyembuhkan tukak lambung. Alasannya, lapisan lendir yang tebal mampu melindungi dari cairan asam menipis karena hisapan rokok. Efek lainnya adalah aktivitas merokok asam lambung memproduksi lebih banyak.

Akibatnya jika asam lambung naik, maka akan memperparah penyakitnya. Bisa dibayangkan jika dinding di lambung iritasi karena asamnya naik sehingga luka semakin parah. Maka salah satu cara mengatasi tukak lambung adalah dengan berhenti merokok.

Itulah pemaparan cara mengobati tukak lambung. Ada dua cara umum yakni dengan dokter dan oleh diri sendiri. Sedini mungkin kenali gejalanya dan konsultasikan dengan dokter. Maka, pengobatan akan menyasar secara tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.