Breaking News

Kisah Sahabat Nabi Yang Menginspirasi dan Contoh Tauladan yang Baik

Orang yang kenal dan dekat Nabi Muhammad SAW serta ikut memperjuangkan Agama Islam merupakan artian sederhana atas sahabat Nabi. Banyak kisah sahabat Nabi yang menginspirasi serta dijadikan suri tauladan baik bagi masyarakat umum. Cerita mengenai para sahabat dapat dengan mudah ditemukan dalam buku maupun Internet. Untuk itu kisah singkat para sahabat Nabi ini akan dirangkum dalam ulasan berikut ini:

1. Kisah dari Abu Bakar Ash-Shiddiq

Seorang sahabat nabi ini lahir di Mekkah dengan nama kecilnya Abu Ka’bah yang berganti menjadi Abdullah sejak masuk Islam. Namanya kini lebih dikenal dengan  panggilan Abu Bakar yang memiliki artian ” bapak anak unta muda”. Julukan itu diberikan langsung oleh Nabi Muhammad SAW  kepada Abu Ka’bah kala itu. Setelah Rasulullah meninggal, diangkatlah Abu Bakar Ash Shiddiq menjadi khalifah pertama.

Peradaban Islam semakin maju disaat  berada dibawah kepemimpinan sahabat nabi satu ini. Abu Bakar pun telah berhasil menyebarkan Ajaran Islam hingga keluar dari jazirah Arab bagian utara seperti Irak dan Syiria. Bukan hanya itu, Abu Bakar juga terkenal karena loyalitas kepada Rasulullah terlihat dari caranya yang selalu melindungi Rasulullah saat akan terkena serangan saat perang.

2. Kisah Umar bin Khattab yang Sederhana

Sahabat Umar bin Khattab berasal dari kaum Bani Adi yang dikenal sebagai musuh utama yang ditakuti bagi penentang Islam. Beliau tidak segan menekankan prinsip kesederhanaan kepada setiap bawahannya disaat beliau menjabat sebagai Khalifah. Sebagai seorang pemimpin, beliau dikenal sangat berdedikasi tinggi serta memiliki rasa tanggung jawab besar untuk rakyatnya.

Pernah suatu ketika ketika Umar masih menjabat sebagai Khalifah ia melihat seorang ibu yang sedang menanak batu untuk membohongi anaknya yang kelaparan. Seketika Umar pun mengambil gandum dan membawanya sendiri untuk diberikan pada ibu tersebut. Hal ini jelas jika Umar mengerti akan tugasnya, kewajiban dari tugasnya serta hak rakyat yang harus didahulukan.

3. Tentang Utsman bin Affan

Kisah sahabat nabi yang menginspirasi selanjutnya yaitu Utsman bin Affan. Dalam Hadis Riwayat Ahmad yang berisikan kisah antara Utsman yang sedang mengunjungi Rasulullah yang mengajarkan untuk selalu merasa malu agar menuai suatu kebaikan. Pernah pula saat Utsman ikut berhijrah dari Makkah ke Madinah beliau tidak segan untuk  menyumbangkan harta agar umat muslimin terbebas dari kesusahan.

Pada akhir tahun 34 Hijriah Utsman kerap mendapat fitnah dan tuduhan palsu untuk menggulingkan pemerintahan Utsman. Sahabat nabi ini patut diapresiasi jika berkaitan dengan kesabaran dan sikap berserah dirinya. Sayangnya, pemberontakan ini berakhir dengan terbunuhnya Utsman bin Affan.

4. Ali bin Abi Thalib Penutup Khalifah

Kisah dari seorang Ali bin Abi Thalib pantas untuk dijadikan sebagai kisah sahabat nabi yang menginspirasi bagi seorang muslimin. Dimasanya Ali masuk kedalam orang yang begitu sederhana  baik dari segi makanan,pakaian, bahkan di rumahnya tidak ada kasur maupun bantal untuk sekedar berbaring. Kesederhanaan ini bisa dilihat langsung pada buku karya Sayyid Ahmad Asy-syalaini untuk lebih jelasnya.

Mustaffa Murrad pernah mengatakan dalam bukunya yang diberi judul Ali bin Abi Thalib yang berisi bahwa Ali merupakan orang yang selalu berakhlak  baik sejak kecil. Bukan hanya itu saja, sebagai seorang pemimpin ia tak ada hentinya berbuat kebaikan kepada siapapun tanpa pandang. Sikap beramah tamah yang dimilikinya bahkan tak pernah lepas dari dirinya.

5. Thalhah bin Ubaidillah yang Rela Berkorban

Seorang sahabat nabi yang berasal dari kaum Quraisy dengan nama lengkapnya Thalhah bin Abdullah bin Usman bin Kaab bin Said dan wafat pada tahun 36 hijriah atau 656 masehi. Thalhah termasuk seorang sahabat yang rela berkorban untuk melindungi Nabi Muhammad SAW. Beliau juga masuk ke jajaran konsultan Muhammad yang juga masuk kedalam golongan 10 orang yang pasti masuk surga.

Hal ini terlihat pada suatu kisah pada perang Uhud Thalhah dengan suka rela menjadi perisai bagi Rasulullah hingga mengalami luka yang parah. Tidak hanya itu ia juga rela mengorbankan tangannya hingga jari-jarinya putus untuk mengalihkan panah yang akan menancap ke Nabi. Kisah sahabat yang sangat menginspirasi dan begitu jarang sekali untuk ditemui sekarang ini.

Ringkasan kisah sahabat nabi yang menginspirasi yang wajib dijadikan contoh teladan dalam kehidupan keseharian yang dimiliki. Introspeksi diri dengan  secara perlahan merubah sikap ke arah keteladanan sahabat nabi dan Rasulullah demi kebaikan diri sendiri. Sejujurnya tidak ada hal baik yang tidak membawa ke dalam kebaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.