Breaking News

Simak Doa Setelah Shalat Witir Sesuai Sunnah

Shalat witir adalah salah satu sholat sunnah yang dikerjakan dengan jumlah rakaat ganjil. Setelah shalat isya baru sholat witir dilakukan baik secara berjamaah maupun secara individu. Ada doa setelah sholat witir sesuai sunnah yang disunnahkan untuk dibaca. Tidak wajib dilakukan memang tapi orang biasa membacanya untuk mendapatkan syafaat dan berkah.

Bacaan Selesai Sholat Witir

Ada berbagai macam bacaan doa yang bisa dibaca setelah melakukan sholat witir. Setiap doa memiliki makna disetiap artinya yang akan mempermudah urusan lain. Yuk simak apa saja doa setelah sholat witir sesuai sunnah yaitu :

1. Doa Keselamatan

Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaiman, wanas aluka qalban khaasyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an, wa as’aluka yaqiinan shaadiqan, wanas aluka ‘amalan shaalihan, wa as aluka diinan qayyiman, wanas aluka khairan katsiran, wa nas alukal ‘afwa wal aafiyata, wanas aluka tamamal ‘aafiyati, wa as aluka syukro ‘alal ‘aafiyati, nas’alukal ghinaa’s ‘aninnaasi.”

Ini menjadi doa  setelah shalat witir sesuai sunnah yang sering dibaca untuk memohon keselamatan kepada Allah SWT. Untuk meminta diberikan kesehatan dan selalu dilindungi dari mata bahaya. Makna doa ini untuk keselamatan tapi bermakna juga untuk diberikan keteguhan iman dan maaf mengenai semua kesalahan yang pernah dilakukan. Selanjutnya arti doa ini juga memohon pada Allah SWT untuk menjadikan sebagai manusia yang berguna.

2. Doa Mohon Diterima Kekhusyukan Beribadah

“Allahumma rabbanaa taqabbal minna shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’ara tadhorru’an wa ta’abbudanaa wa tammim taqshirona yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihi ajma’in, walhamdu lillahi rabbil ‘aalameen.”

Terjemahan doa setelah shalat witir sesuai sunnah ini menjelaskan jika meminta untuk diberikan kekhusyukan dalam menjalankan semua ibadah. Ibadah yang dimaksudkan seperti sholat wajib maupun sunnah, puasa dan ibadah lainnya. Pada saat mengucapkan doa ini, orang yang berdoa meminta pada Allah untuk menerima semua ibadah yang telah dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat terkadang tidak semua orang bisa melakukan ibadah dengan khusyu karena tergoda adanya gangguan setan.

Terkadang orang saat melakukan ibadah teringat dengan hal lain, tiba-tiba lupa dengan bacaannya, lupa tata caranya dan masih banyak lagi. Contohnya orang shalat teringat dengan pekerjaan, orang wudhu lupa urutannya, membatalkan puasa karena tidak tahan dengan makanan,  membatalkan sholat karena makan, lupa bagaimana niat saat ibadah dan lain-lain.

3. Doa Mengagungkan Nama Allah

Subhaanal malikil qudduus

Biasanya dia ini dia baca tiga kali selesai melakukan sholat witir. Maksud doa ini jika Allah SWT adalah maha suci dan merajai dari seluruh alam semesta. Orang berdoa ini untuk memuliakan Allah dan mengagungkan nama Allah SWT.

Manfaat Doa Setelah Sholat Witir

Membaca doa selesai witir  setelah witir tentu akan bermanfaat bagi siapapun pembacanya tanpa peduli siapa orang. Yuk ketahui apa saja manfaat membaca doa setelah sholat witir yaitu :

  • Doa setelah shalat witir sesuai sunnah mampu memberikan ketenangan dan menghilangkan semua rasa cemas bahkan rasa takut.
  • Menjadi pelengkap ibadah yang telah dilakukan kepada Allah SWT.
  • Dicintai oleh malaikat, rasulullah dan Allah SWT karena ketakwaannya.
  • Diberikan kekuatan dan jalan keluar jika sedang dalam masalah apapun itu masalahnya serta ditunjukkan bagaimana cara penyelesaiannya.

Itulah doa setelah  doa setelah sholat witir sesuai sunnah yang bisa dibaca agar mendapatkan berkah dari doa tersebut. Pastikan wudhu masih ada dan belum batal supaya lebih afdol. Jangan terburu-buru pergi setelah shalat karena membaca doa tidak membutuhkan waktu lama. Dibutuhkan waktu paling lama lima sampai lima belas menit untuk meninggalkan semua pekerjaan dan berdoa pada Allah SWT.