Breaking News

7 Cara Bersihkan Mesin Motor Dengan Mudah dan Murah

Ketika membersihkan motor, terkadang pemilik motor hanya mengutamakan kebersihan tampilan motor luar dan melupakan kebersihan mesin motor. Padahal mesin motor yang bersih justru penting karena berpengaruh pada kinerja fungsi mesin seterusnya. Suatu cara bersihkan mesin motor perlu untuk diketahui. Hal tersebut agar pemilik motor dapat juga memperhatikan kebersihan mesin motor.

Kebersihan mesin motor memang suatu yang perlu untuk diperhatikan pemilik motor. Tidak jarang pada mesin motor mengendap kotoran seperti pasir atau lumpur. Apabila hal tersebut tidak dibersihkan akan menyulitkan ketika oli bocor dan jika dibiarkan akan berbahaya. Untuk mengatasi hal tersebut berikut ulasan cara membersihkan mesin motor dengan mudah dan murah.

1. Sikat Kotoran Ringan Dengan Air Bersih Yang Mengalir

Apabila kotoran pada mesin motor masih tergolong ringan dan tidak begitu tebal cukup menyikatnya dengan kuas. Sikat kuas pada seluruh blok mesin motor hingga bagian yang terpencil. Kemudian, bilas pelan bagian yang sudah disikat tersebut dengan menggunakan air. Apabila sudah, bilas lagi keseluruhan mesin motor dengan air bersih yang mengalir.

2. Gunakan Campuran Air Dan Blau

Blau juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan mesin motor yang sudah kusam. Caranya dengan campur blau dengan air, pastikan mesin motor bersih terlebih dahulu. Apabila sudah lapisi permukaan mesin dengan air blau ke seluruh sudut mesinnya. Lalu, diamkan selama 1-2 hari. Setelah kering, bilaslah dengan memakai air dan deterjen.

3. Gunakan Campuran Air Dan Deterjen Atau Sabun Cuci Piring

Penggunaan air dan deterjen atau sabun cuci piring dapat digunakan juga untuk membersihkan mesin motor dari debu maupun kotoran ringan. Cara bersihkan mesin motor dengan bahan ini yakni cukup sediakan air yang ditambah deterjen atau sabun cuci piring. Kemudian, usapkan dengan menggunakan kain lap basah hingga noda pada mesin motor terangkat.

4. Gunakan Shampo Motor Untuk Noda Ringan

Cara ini dapat digunakan juga untuk membersihkan noda atau kotoran ringan pada mesin motor yang menempel. Shampoo motor juga dapat membuat motor terlihat lebih bersih dan juga mengkilap. Cara melakukannya cukup mudah yakni dengan campurkan shampo motor dengan air. Kemudian usapkan ke bagian mesin dan bilas dengan air hingga bersih.

5. Amplas Kerak Noda Yang Membandel Dan Bagian Berkarat

Cara ini dapat digunakan untuk membersihkan mesin motor yang berkarat. Untuk melakukannya dengan celupkan amplas ke air yang dicampur sabun cuci piring. Kemudian, gosokkan bagian yang berkarat dengan hati-hati menggunakan amplas yang sudah dicelupkan tersebut. Gunakan lap kering juga untuk membersihkan sela-sela mesin. Amplas yang digunakan bisa amplas 100 atau 400.

6. Pakai Larutan Asam Cuka Pada Bagian Yang Berkarat

Larutan asam cuka juga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan besi pada mesin motor yang terdapat karat. Kandungan asam cuka dapat meluruhkan karat pada besi. Cara melakukannya cukup mudah yakni sikat mesin motor menggunakan sikat yang sudah dilarutkan asam cuka. Apabila sudah semprotkan dengan air hingga bersih. Lakukan hal tersebut dengan hati-hati.

7. Tambahkan Finishing Metal Polish

Agar mesin motor dapat lebih bersih dapat melakukan finishing metal polish supaya mesin motor juga lebih mengkilap. Metal polish merupakan cairan yang difungsikan untuk mengkilapkan besi. Cara melakukannya mudah dengan menuangkan autosol pada kain kerang sedikit saja. Setelahnya, poles cairan tersebut pada seluruh bagian mesin motor hingga benar-benar bersih dan mengkilap.

Itulah beberapa cara bersihkan mesin motor dengan mudah dan juga murah. Perlu diperhatikan bahwa untuk membersihkan mesin motor perl untuk hati-hati seperti halnya dalam membersihkan mesin pada mobil. Hal ini terkait dengan resiko yang terjadi pada motor setelahnya apabila dilakukan dengan tidak hati-hati.