Khoirunnas Anfauhum Linnas : Penjelasan, Tulisan Arab, dan Artinya

Khoirunnas anfauhum linnas sangat familiar di telinga kita. Biasanya disampaikan pada sebuah kajian atau khutbah jum’at.

Sumber dari kalimat ini adalah hadits riwayat sahabat Jabir radliyallahu anhu yang dikeluarkan oleh Ath-Thabrani dalam kitab Al-Mu’jamul Ausath. Derajatnya dinilai shahih oleh Al-Albani [Shahihul Jami’ h. 3289].

Berikut ini kita akan membahasnya seputar tulisan Arab, arti, dan penjelasan yang terkait dengannya.

Khoirunnas Anfauhum Linnas Apa Artinya ?

gambar kaligrafi khoirunnas anfauhum linnas

Kalimat ini tidak berasal dari surah Al-Quran. Akan tetapi, ia berasal dari sabda Nabi shallallahuh alaihi wa sallam. Berikut ini lafal lengkapnya.

Tulisan Arab / Arabic Text

الْمُؤْمِنُ يَأْلَفُ وَيُؤْلَفُ، وَلَا خَيْرَ فِيمَنْ لَا يَأْلَفُ، وَلَا يُؤْلَفُ، وَخَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

Arti / Terjemahan

Seorang mukmin itu mudah bergaul dan mudah didekati. Tidak ada kebaikan pada orang yang tidak bergaul dan tidak mudah didekati. Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat dari mereka untuk manusia.

English Meaning / Bahasa Inggris

The believer is likable, easily approachable, and pleasant when approaching others. And there is no good in one who is difficult to approach and harsh with others. And the best of people are those who are most beneficial to people.

Baca Juga : Hadits tentang Akhlak Tulisan Arab dan Artinya Lengkap

Maksud Hadits Khairunnas Anfa’uhum Linnas

manusia paling baik

Syaikh Al-Munawi [Faidlul Qadir 3/481] menjelaskan maksud hadits ini sebagai berikut:

خير الناس أنفعهم للناس : بالإحسان إليهم بماله وجاهه فإنهم عباد الله وأحبهم إليه وأنفعهم لعياله أي أشرفهم عنده أكثرهم نفعا للناس

Manusia paling baik adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia : (yaitu) dengan berbuat baik kepada mereka dengan harta dan jabatannya. Karena sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba Allah. Paling dicintai dari mereka kepada-Nya dan paling bermanfaat dari mereka kepada keluarganya. Maksudnya : Paling mulia dari mereka di hadapan-Nya adalah orang yang paling banyak dari mereka akan manfaatnya bagi manusia.

Tidak sedikit orang yang menggunakan hadits ini untuk memuji orang yang memiliki jasa dalam muamalah atau sosial seperti orang yang suka memberi pengobatan gratis, air gratis, sandang pangan gratis, dan sebagainya dalam urusan dunia. Ini telah benar.

Hanya saja, kita jangan lupa bahwa manfaat yang dimaksud dalam hadits ini adalah umum dan mencakup urusan dunia, akhirat, atau keduanya. Sehingga orang-orang yang menyebarkan ilmu dan berdakwah juga termasuk dalam hadits ini.

Bahkan, para dai, ustadz, dan ulama justru lebih utama dalam konteks hadits ini karena manfaat yang mereka berikan lebih besar, yaitu urusan kebahagiaan dan kesuksesan di akhirat.

Al-Munawi melanjutkan penjelasannya:

قال بعضهم: هذا يفيد أن الإمام العادل خير الناس أي بعد الأنبياء لأن الأمور التي يعم نفعها ويعظم وقعها لا يقوم بها غيره وبه نفع العباد والبلاد وهو القائم بخلافة النبوة في إصلاح الخلق ودعائهم إلى الحق وإقامة دينهم وتقويم أودهم ولولاه لم يكن علم ولا عمل

“Sebagian ulama berkata : Hadits ini memberikan pelajaran bahwa imam yang adil adalah sebaik-baik manusia, yaitu setelah para nabi. Karena perkara-perkara yang manfaatnya meluas dan dirasa berat untuk pelaksanaannya tidak melakukannya selain dia.

Dengannya ada manfaat untuk para hamba dan negeri-negeri. Dia adalah orang yang menjadi pengganti kenabian dalam memperbaiki masyarakat, menyeru mereka kepada kebenaran, menegakkan agama mereka, dan meluruskan adab mereka. Kalau tidak ada dia, maka tidak ada ilmu dan amal.”

Penjelasan di atas tentu tidak menafikan Allah taala karena maksudnya adalah setelah-Nya.

Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan seputar kalimat khoirunnas anfauhum linnas seputar tulisan Arab, artinya, dan penjelasan yang terkait. Wallahu a’lam.

Tinggalkan Komentar