Doa Robbana Atina Fiddunya Hasanah

Robbana atina fiddunya hasanah adalah salah satu doa yang sering dibaca. Entah di saat membaca bersama semisal khutbah jumat atau doa sendiri-sendiri.

Di antara sekian banyaknya doa yang ada, doa ini memiliki keutamaan khusus yaitu orang yang membacanya mendapatkan pujian dari Allah subhanahu wa taala.

Nah, karena keunikannya inilah, pada kesempatan kali ini kita akan mengupas tentangnya secara lengkap. Simak artikel ini hingga selesai.

Doa Robbana Atina Fiddunya Hasanah

doa robbana atina fiddunya hasanah

Sebagian kalangan menyebut doa ini dengan doa selamat dunia akhirat dan kalangan yang lain menyebutnya dengan doa sapu jagat.

Doa ini telah disebutkan Allah taala dalam al Quran pada surat Al-Baqarah (2) ayat 201. Berikut bunyi bacaan doa tersebut:

Tulisan Arab

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan Latin

Robbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qina adza bannar

Teks Artinya

“Wahai Pemelihara kami, berikanlah kepada kami di dunia ini akan kebaikan dan begitu pula di akhirat akan kebaikan. Dan lindungilah kami dari adzab neraka.”

Baca Juga: Arti Innallaha Ma’ashobirin

Dalam riwayat yang muttafaqun alaih, disebutkan bahwa Anas bin Malik radliyallahu anhu mengatakan bahwa doa ini adalah doa yang paling banyak dibaca oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Dan adalah Anas bila ingin membaca doa, beliau membacanya. Apabila beliau ingin berdoa dengan doa yang lain, beliau juga membacanya di dalamnya. [Hr. Muslim]

Oleh karenanya, untuk mengamalkan hadits ini, marilah kita memperbanyak untuk membaca doa ini dan lakukanlah sebagaimana sahabat Anas bin Malik radliyallahu anhu berbuat.

Bahkan, Allah taala telah memberikan pujian khusus bagi orang yang mau membacanya. Allah taala berkalam:

“Mereka itu, bagi mereka ada bagian (kebaikan di akhirat) dari sebab apa-apa yang mereka usahakan. Dan Allah itu Maha Cepat Hisabnya.” [Qs. Al-Baqarah (2) ayat 202]

Penjelasan Doa Robbana Atina Fiddunya Hasanah

Ibnu Katsir menjelaskan: Doa ini telah mengumpulkan setiap kebaikan di dunia dan memalingkan setiap kejelekan. Karena sesungguhnya kebaikan di dunia itu mencakup setiap keinginan duniawi, mulai dari afiyah, rumah yang luas, istri yang cantik, rezeki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal yang baik, kendaraan yang nyaman, pujian yang indah, dan selain itu yang terkandung pada ungkapan-ungkapan mufassirin. Tidak ada penafian padanya karena sesungguhnya semuanya tercakup pada maksud kebaikan di dunia.

Adapun kebaikan di akhirat, maka yang paling tinggi dari itu adalah masuk ke dalam syurga beserta hal-hal yang mengiringinya seperti rasa aman dari keterkejutan yang paling besar pada hal-hal yang mendadak (Kiamat), kemudahan pada hisab, dan selain itu dari perkara-perkara akhirat yang baik.

Adapun selamat dari api neraka maka itu mencakup kemudahan sebab-sebabnya di dunia dari menjauhi hal-hal yang haram dan dosa-dosa serta meninggalkan hal-hal yang syubhat dan haram. [Tafsirubnu Katsir 1/558]

Pada asalnya, doa ini dapat kita baca pada setiap kondisi. Namun, ada waktu-waktu tertentu dimana kita disunnahkan untuk membaca doa ini, yaitu:

  1. Ketika sedang melakukan thawaf dan berada di antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad. Dalilnya ada dalam hadits riwayat Abu Dawud.
  2. Setelah menyelesaikan rangkaian ibadah haji. Hal ini secara tekstual ditunjukkan oleh ayat sebelum ayat yang telah kita bahas di atas.
  3. Ketika sedang ditimpa sesuatu yang tidak disukai. Dalil darinya adalah sebuah riwayat yang disebutkan dalam kitab Shahih Muslim.

Manfaat yang Bisa Kita Peroleh

Dengan membaca doa ini, kita telah mendapatkan 3 hal sekaligus, yaitu meminta kebaikan di dunia, meminta kebaikan di akhirat, dan meminta agar dijauhkan dari api neraka.

Sebagaimana yang telah kita ketahui, hidup di dunia ini akan mengalami banyak ujian dan hal-hal yang tidak menyenangkan. Oleh karenanya, kita meminta kepada Allah agar segala hal yang tidak kita sukai dijauhkan dari kita dan kita didekatkan kepada hal-hal yang kita sukai.

Kemudian, bahagia di dunia saja tidak mencukupi karena kehidupan kita tidak hanya sekali saja. Ada kehidupan lain setelah kematian yaitu hidup di alam akhirat. Oleh karenanya, kita juga meminta kepada Allah agar kehidupan kedua kita juga mendapat kebahagiaan yaitu dimasukkan ke dalam neraka.

Adapun mengenai permintaan yang ketiga, kita semua telah sadar bahwa sekuat apapun kita, tetap tidak akan mampu menahan pedihnya siksaan api neraka. Oleh karenanya, kita meminta kepada Allah agar dilindungi darinya dan diberikan kemudahan untuk melakukan amalan-amalan yang dapat menjauhkan kita dari api neraka.

Maka barang siapa membaca doa ini kemudian doanya dikabulkan oleh Allah taala, sungguh dia adalah orang yang paling beruntung karena telah mengumpulkan semua kebaikan.

Selain itu, dengan membaca doa ini, kita bisa memahami bahwa Allah mengajari kita agar tidak menjadi orang yang cita-citanya hanya terbatas di dunia saja. Allah mengajari kita agar memiliki cita-cita yang sampai ke akhirat.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan kali ini mengenai doa robbana atina fiddunya hasanah seputar tulisan Arab, Latin, dan terjemahannya serta penjelasan dan manfaat yang dapat kita peroleh darinya, wallahu a’lam. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply