Allahumma Afini Fi Badani Artinya, Tulisan Arab, dan Penjelasan

Allahumma afini fi badani adalah penggalan kalimat doa yang sering dibaca oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Ia berisi tentang permohonan kepada Allah agar selalu memberikan kesehatan kepada kita.

Doa ini dianjurkan untuk selalu kita baca di waktu pagi dan sore hari masing-masing sebanyak 3 kali.

Dalam kesempatan ini, kita akan membahasnya seputar arti, tulisan bahasa Arab, dan penjelasan yang terkait dengannya.

Allahumma Afini Fi Badani Artinya

tulisan arab allahumma afini fi badani

Allahumma afini fi badani adalah berasal dari bahasa Arab اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي yang artinya Ya Allah, berikanlah kesehatan untukku pada badanku.

Ia merupakan penggalan dari doa meminta kesehatan berikut ini:

اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma afini fi badani allahumma afini fi sam’i allahumma afini fi bashari la ilaha illa anta

Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada badanku. Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada pendengaranku. Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada penglihatanku. Tiada sesembahan kecuali engkau.

Penjelasan Bacaan Doa

doa meminta badan yang sehat

Dalam doa ini, kita meminta kepada Allah mengenai 3 hal, yaitu kesehatan badan, kesehatan pendengaran, dan kesehatan penglihatan.

Badan yang sehat adalah aset terpenting. Apabila badan kita sehat, maka kita mampu untuk melakukan segala macam aktifitas mulai dari ibadah sampai muamalah.

Kemudian kita meminta agar pendengaran dan penglihatan kita diberi kesehatan. Kenapa dua indera ini dikhususkan dalam permintaan? Karena dua indera inilah yang menjadi kunci bagi kita untuk dapat memahami ayat-ayat Allah taala.

Dengan mata kita bisa melihat kebenaran dan dengan telinga kita dapat mendengar kebenaran. Itulah tujuan utama kita meminta agar diberikan kesehatan oleh Allah taala, yaitu agar kita dapat senantiasa menambah kebaikan dan selalu taat kepadaNya.

Kapan Kita Membacanya?

Bacaan ini bagus untuk selalu kita baca di waktu pagi dan petang, sebagaimana juga dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Abdurrahman bin Abu Bakrah pernah bertanya kepada bapaknya: Wahai bapak, sesungguhnya aku sering mendengarmu berdoa di setiap pagi (dengan membaca): Allahumma aafiniy fi badani, allahumma aafiniy fi sam’i, allahumma aafiniy fi bashari, laa ilaaha illa anta. Engkau mengulanginya sebanyak tiga kali di waktu pagi dan tiga kali di waktu sore.

Maka bapaknya berkata: Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berdoa dengan kalimat-kalimat itu, maka aku suka untuk meniru sunnah beliau. [Hr. Abu Dawud]

Dari hadits ini, selain bahwasanya kita mendapat pelajaran berupa bacaan doa yang dapat kita baca, ada pelajaran-pelajaran lain, diantaranya:

  1. Menjaga agar jasmani dan rohani tetap sehat adalah perkara yang sangat penting.
  2. Bolehnya suatu bacaan doa dengan niat memperdengarkannya agar orang lain dapat belajar dan meniru apa  yang kita baca.
  3. Meneladani Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah perkara yang harus kita jaga jika kita mengaku cinta kepada beliau.
  4. Selain berikhtiar dalam menjaga kesehatan, kita tidak boleh lupa untuk selalu berdoa kepadaNya.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai bacaan doa allahumma afini fi badani artinya, tulisan bahasa Arab, dan keterangan yang berkaitan dengannya, wallahu a’lam. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply