Rabbighfirli Waliwalidayya Warhamhuma / Doa untuk Orang Tua Tulisan Arab dan Artinya

Selesai membaca dzikir setelah shalat, saat kita masih kecil dahulu diajari oleh guru di madrasah atau tpa untuk membaca doa rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kamaa rabbayani saghira. Ia merupakan doa yang diperuntukkan kepada kedua orang tua.

Sebagai seorang anak yang pastinya setiap kita memiliki orangtua, memang sangat penting bagi kita untuk selalu membacanya sebagai salah satu wujud bakti kita kepada ayah ibu yang telah membesarkan dan mendidik kita.

Terlebih jika saat ini mereka sudah meninggal, maka doa dari kitalah sesuatu yang sangat diharapkan oleh keduanya.

Supaya bacaan kita lebih mudah untuk dihayati, tentu kita perlu mengetahui bagaimana tulisan arab dan apa artinya doa ini. Berikut ini kita bahas secara lengkap agar kita dapat mengambil manfaat dan lebih memahaminya.

Rabbighfirli Waliwalidayya Warhamhuma Artinya dan Tulisan Arab ( In Arabic Text )

Orang tua adalah makhluk yang sangat berjasa bagi kita. Bagaimanapun keadaannya, mereka adalah orang yang merawat kita dengan kasih sayang sehingga kita dapat menjadi seperti saat ini.

Oleh karenanya, berbakti kepada keduanya adalah sebuah kewajiban yang harus kita tunaikan. Salah satu cara untuk berbakti adalah dengan selalu mendoakan kebaikan untuk mereka, baik ketika masih hidup maupun ketika mereka telah dipanggil oleh Allah taala.

Di antara banyaknya doa yang bisa kita baca, doa yang saat ini sedang kita bahas adalah termasuk yang utama karena ia telah disebutkan dalam Al-Quran. Berikut ini bacaan lengkapnya:

رَّبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kamaa rabbayani saghira

Wahai Pemeliharaku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan kasihilah mereka sebagaimana mereka merawat aku di waktu kecil.

Sebagian orang membacanya dengan lafal allahummaghfirli waliwalidayya. Yah, meski tidak berkaitan dengan halal-haram, saya sendiri lebih suka membacanya dengan lafal robbi / robbana karena itu yang sesuai dengan teks ayat sebagaimana akan kita bahas berikut ini.

Letak Doa untuk Orang Tua Ini Dalam Surah Quran

Sebenarnya, tidak ada satu ayatpun dalam al-Quran yang menyebutkan teks bacaan doa ini secara lengkap dari awal sampai akhir. Adapun yang disebutkan adalah potongan-potongan dari doa tersebut.

Surat pertama yang menyebutkan bacaan doa untuk kedua orang tua adalah surat Al-Isra (17) ayat 24. Surat ini juga secara jelas menyebutkan perintah dari Allah taala agar kita selalu mendoakan kedua bapak ibu kita. Pada ayat itu, Allah taala berkalam:

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah: Wahai Pemeliharaku! Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya telah merawatku ketika kecil.”

Selain dari ayat di atas, kita juga dapat menemukan doa ini dalam surat Ibrahim (14) : 41 dan surat Nuh (71) : 28. Hanya saja, bacaannya sedikit berbeda.

Dua ayat tersebut adalah:

Surat Ibrahim (14) ayat 41

Allah taala menyebutkan doa yang dibaca oleh nabi Ibrahim alaihis salam berikut:

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Robbanaghfirli waliwalidayya walil muminina yauma yaqumul hisab

“Wahai Pemelihara kami, ampunilah untukku dan untuk kedua orang tuaku, serta untuk orang-orang beriman di hari terjadinya hisab.”

Surat Nuh (71) ayat 28

Berbeda dari ayat di atas, Allah taala di sini menyebutkan doa yang dilafalkan oleh nabi Nuh alaihis salam:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

Rabbighfirli waliwalidayya waliman dakhala baitiya mu’minaw walil mu’miniina wal mu’minat

“Wahai Pemeliharaku, ampunilah untukku dan untuk kedua orang tuaku, serta bagi orang yang masuk ke rumahku dalam keadaan beriman. (Begitu pula ampunilah) untuk orang-orang beriman laki-laki dan orang-orang beriman perempuan.”

Maksud Doa Rabbighfirli Waliwalidayya

Wahai Pemeliharaku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan kasihilah mereka sebagaimana mereka merawat aku di waktu kecil.” Ketika melihat artinya ini, kita dapat mengetahui bahwa ia merupakan doa yang sangat agung.

Saat kita masih kecil, tubuh kita sangat lemah. Coba bayangkan saat kondisi kita masih bayi, jangankan dipukul, seandainya orang tua sekedar membiarkan kita dan tidak mengapa-apakan kita, maka kita tidak mampu berbuat apa-apa dan bisa mati.

Tetapi, dengan izin Allah, Dia masukkan rasa kasih sayang ke dalam hati orang tua kita sehingga mereka rela bersusah payah membesarkan dan mendidik kita.

Oleh karena itu, mereka memiliki hak yang sangat besar dalam diri kita. Selain mengucapkan jazakumullah khairan untuk jasa mereka, kita memiliki kewajiban yang sangat untuk berbakti kepada keduanya. Saking besarnya kewajiban tersebut, dalam Al-Quran Allah menyebutkannya setelah kewajiban kita untuk menyembah kepada-Nya.

Salah satu cara kita untuk berbakti kepada keduanya adalah dengan membaca doa robbighfirli waliwalidayya. Sebanyak apapun materi yang kita berikan, mungkin tidak akan mampu menutup besarnya kasih sayang mereka saat merawat kita. Tetapi, dengan doa tersebut, kita meminta kepada Allah agar membalas kebaikan mereka dengan balasan yang terbaik, yaitu ampunan dan kasih sayang-Nya.

Orang yang selalu mendoakan kedua orang tuanya, lebih baik daripada orang yang selalu memperingati hari ayah maupun hari ibu, tetapi lupa berbakti dan lupa mendoakan keduanya.

Semoga Allah taala menjadikan kita sebagai anak-anak yang berbakti kepada kedua orang tua sehingga dapat mengantarkan kita menuju syurga-Nya, amin.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar doa rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma tulisan Arab, artinya, dan penjelasan yang berkaitan, wallahu a’lam.

Satu pemikiran pada “Rabbighfirli Waliwalidayya Warhamhuma / Doa untuk Orang Tua Tulisan Arab dan Artinya”

Apa Komentar Anda?