Bacaan Doa Robbana Atina Milladunka Rohmatan Arab, Latin, dan Artinya

Robbana atina milladunka rohmatan adalah bacaan doa yang berisi tentang permintaan rahmat dan petunjuk dari Allah taala.

Anda bisa menemukannya pada surat Al-Kahfi (18) ayat 10. Ia diucapkan oleh ashabul kahfi ketika berlindung ke dalam gua dan menghindar dari kejaran pemimpin dhalim saat itu.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya seputar tulisan bahasa Arab, teks latin, dan arti darinya. Simak hingga selesai ya.

Ringkasan Kisah Ashabul Kahfi

ilustrasi gua ashabul kahfi

Ashabul Kahfi artinya adalah para penghuni gua. Mereka adalah 7 pemuda yang memilih untuk mempertahankan keimanan meskipun saat itu berada di bawah kekuasaan raja kafir yang dhalim.

Kisah mereka sangat penuh dengan pelajaran berharga sehingga Allah mengabadikannya dalam Al-Quran. Bahkan, gua yang mereka tempati untuk berlindung digunakan sebagai nama dari surat dimana cerita mereka disampaikan.

Awalnya, mereka adalah pemuka-pemuka dari bangsa Romawi. Allah taala memberikan petunjuk ke dalam hati mereka sehingga mereka mau menyembahNya di saat mayoritas penduduk saat itu menyembah kepada berhala.

Tatkala agama mereka diketahui, raja memerintahkan untuk menangkap mereka. Akhirnya, mereka melarikan diri dan berlindung ke dalam sebuah gua. Di dalam gua ini, mereka tertidur selama 309 tahun.

Ketika melarikan diri inilah, mereka berdoa dengan lafal rabbana atina min ladunka rahmatan.

Robbana Atina Milladunka Rohmatan

robbana atina milladunka rohmatan tulisan arab

Robbana atina milladunka rohmatan adalah berasal dari tulisan bahasa Arab رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً yang artinya wahai Pemelihara kami, karuniakanlah kami rahmat dari hadapanMu.

Ia merupakan ringkasan dari bacaan doa permintaan untuk memperoleh rahmat berikut ini:

Tulisan Arab

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Bacaan Latin

Robbana atina milladunka rohmatan wahayyi lana min amrina rosyada

Teks Artinya

Wahai Pemelihara kami, karuniakanlah untuk kami dari hadapan Engkau akan rahmat dan persiapkanlah bagi kami dari urusan kami akan petunjuk.

Rabbana atina milladunka rohmatan – Doa ini dimulai dengan meminta rahmat dari Allah taala. Seperti yang kita ketahui, rahmat Allah adalah kunci dari segala kebaikan.

Wahayyi lanaa min amrinaa rosyadaa – Selanjutnya ia berisi permintaan akan bimbingan agar kita dapat memilih keputusan terbaik dalam setiap urusan yang kita jalani.

Keutamaan Membaca Doa Ini

doa ashabul kahfi

Seperti yang dapat kita baca pada kelanjutan ayat, setelah ashabul kahfi membaca doa ini, mereka diberikan karunia oleh Allah taala berupa tidur selama 309 tahun dan ketika bangun, mereka mendapati bahwa agama Allah telah tegak di muka bumi.

Oleh karenanya, bacalah doa ini agar Allah taala selalu melimpahkan rahmat dan petunjuk kepada anda.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai bacaan doa robbana atina milladunka rohmatan seputar tulisan Arab, Latin, dan artinya, wallahu a’lam. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply