Arti Muhasabah Diri

Assalamualaikum, kali ini kita akan membahas arti muhasabah diri karena banyak orang yang bertanya mengenai hal ini.

Muhasabah diri adalah sebuah sarana agar kita mampu berkembang. Mengevaluasi masa lalu untuk kemudian mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Sebagaimana yang kita ketahui, kondisi kita sekarang adalah hasil dari apa yang kita lakukan sebelum ini. Dan kondisi kita di masa mendatang adalah hasil dari apa yang kita lakukan saat ini.

Arti Muhasabah Diri

Muhasabah adalah berasal dari bahasa Arab. Tulisan Arab dari kata ini adalah حاسب – يحاسب yang artinya adalah introspeksi. Dengan demikian, muhasabah diri adalah introspeksi diri.

Pengertian di atas sebenarnya adalah pengertian secara bahasa. Akan tetapi, makna secara istilah tidak jauh dari pemahaman di atas.

Muhasabah dapat dilakukan sebelum dan sesudah kita melakukan sesuatu.

Melakukan muhasabah sebelum kita melakukan sesuatu berguna untuk memunculkan rasa hati-hati ketika kita melakukannya.

Adapun muhasabah setelah kita melakukan sesuatu berguna untuk melihat apakah yang kita lakukan sudah benar atau belum. Aktifitas ini harus kita lakukan jika kita ingin masa depan yang lebih baik.

pentingnya muhasabah diri

Keutamaan dan Manfaat Muhasabah

Beberapa manfaat adalah:

  1. Mengetahui aib diri sendiri
  2. Memunculkan rasa penyesalan dan keinginan untuk bertaubat serta memperbaiki diri
  3. Menjadikan kita mengenal hak-hak Allah dan berusaha menunaikannya
  4. Menjadikan kita berubah untuk lebih bersungguh-sungguh dalam menjalani ketaatan
  5. Membuat kita berhati-hati dalam berhubungan dengan hak-hak orang lain dan menghindari kezaliman

Bagaimana Cara Bermuhasabah?

Cara bermuhasabah adalah sebagai berikut:

  1. Mulailah dari melihat hal-hal yang wajib. Apabila anda melihat ada kekurangan padanya, bersegeralah untuk menyempurnakan.
  2. Lalu lihatlah kepada hal-hal yang terlarang. Jika anda masih mengamalkan sebagiannya, beristighfarlah kepada Allah, bertaubatlah, dan gantilah dengan perbuatan-perbuatan baik untuk menghapusnya.
  3. Setelah itu, perhatikanlah apakah anda masih terlalu terlena dengan kehidupan dunia. Jika iya, perbanyaklah berdzikir dan menghadaplah kepada Allah.
  4. Terakhir, lihatlah kepada badan anda. Ia memiliki telinga, tangan, kaki, dan anggota lainnya. Pahamilah kenapa ia ada, kenapa ia diciptakan, dan apa yang anda telah lakukan dengannya.

Demikianlah makna, pengertian, cara, dan arti muhasabah diri, wallahu a’lam.