Arti Mumtaz Jiddan

Assalamualaikum saudaraku yang dirahmati Allah. Kembali lagi bertemu dengan saya, Zain Al-Fikry, sebagai admin dari blog Al-Fikry.com. Kali ini kita akan membahas mengenai arti mumtaz jiddan.

Kata-kata ini sering kita dengar dalam kehidupan kita sehari-hari. Contohnya ketika seorang murid mampu menunjukkan hafalannya dengan bagus, maka guru kemudian memujinya dengan ucapan “Mumtaz!” Biasanya ada di TPA-TPA atau sekolah-sekolah Islam.

Bahkan, sebagian orang menggunakannya sebagai nama. Banyak orang tua yang tertarik untuk memberi nama bayi dengan kata ini. Contohnya mumtaza dan sebagainya.

Sebenarnya, mumtaz artinya apa? Yuk, kita bahas!

Arti Mumtaz Jiddan

arti mumtaz jiddan

Sebenarnya istilah ini merupakan kalimat yang terdiri dari dua kata, yaitu mumtaz dan jiddan.

Arti Mumtaz adalah istimewa. Ia berasal dari tulisan bahasa Arab مُمْتَاز . Biasanya untuk mewakili pujian yang kita berikan kepada seseorang.

Adapun jiddan artinya sekali atau ungkapan penyangatan. Sehingga, jika kita gabungkan, kalimat mumtaz jiddan artinya adalah istimewa sekali. Kalau bahasa anak muda zaman sekarang, super sekali!

Mumtaz Sebagai Nama Bayi

Ketika saya sedang riset pencarian kata kunci ini, banyak orang dan mungkin termasuk Anda, sedang mencari artinya karena ingin menggunakannya sebagai nama bayi.

Rata-rata orang mencari arti kata ini karena ia masih bingung, apakah ia khusus digunakan untuk bayi laki-laki atau bayi perempuan; atau justru boleh untuk kedua-duanya.

Saya maklum sih, memang banyak orang yang menjelaskan bahwa kata ini cocoknya digunakan untuk anak yang memiliki gender perempuan.

Pada asalnya, boleh kita gunakan untuk siapa saja. Akan tetapi, biasanya nama ini digunakan untuk bayi perempuan. Jarang saya temukan laki-laki yang memiliki nama mumtaz, meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa ia ada.

Jadi, saya sarankan kepada Anda untuk menggunakannya bagi bayi perempuan saja. Bisa juga dengan tambahan seperti mumtaza atau mumtazah dan tambahan kata lain yang juga bagus. Seperti Arina Mumtaza dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai arti mumtaz jiddan yang berasal dari bahasa Arab dalam Islam, wallahu a’lam. Semoga bermanfaat.