Arti Mumtaz Jiddan

Arti mumtaz sering ditanyakan karena kata ini sangat familier di telinga orang Indonesia, khususnya orang-orang yang terbiasa dengan bahasa Arab dalam kesehariannya.

Ketika ada seseorang yang melakukan sesuatu yang baik dengan luar biasa, maka dia diberi predikat mumtaz. Selain itu, banyak juga saudara-saudara kita yang memiliki nama mumtaz atau mumtaza.

Lalu, mumtaz artinya apa?

Arti Mumtaz Jiddan

tulisan arab mumtaz jiddan

Mumtaz akhi, mungkin kata seperti ini sering kita dengar.

Mumtaz adalah berasal dari bahasa Arab. Kalau ditulis dengan huruf aslinya, ia berbentuk seperti ini: مُمْتَازٌ . Artinya adalah istimewa, sangat bagus, atau ungkapan yang semisalnya.

Jika ditambah dengan jiddan, ia menjadi seperti ini: مُمْتَازٌ جِدًّا . Mumtaz jiddan artinya adalah istimewa sekali, super sekali, atau ungkapan yang semisalnya.

Jadi, bila dibuat tabel ia seperti berikut ini:

Asal Kata Arti
Mumtaz Istimewa
Mumtaz jiddan Istimewa sekali
Mumtaz akhi Istimewa wahai saudaraku

Baca Juga: Arti Muhasabah

Mumtaz Sebagai Nama Bayi

Banyak orang yang bertanya mengenai kata ini, terlebih orangtua-orangtua yang anaknya baru lahir. Biasanya, karena ingin menggunakan kata ini sebagai nama bayi.

Sedikit keluar dari pembahasan, rasa penasaran kemudian disertai dengan usaha untuk mencari tahu ini patut diapresiasi, karena keinginan baik untuk memberikan nama yang baik kepada anaknya.

Memang, dalam Islam, salah satu hak seorang anak adalah mendapatkan nama yang baik dari orangtuanya.

Kalau orang-orang mengatakan “apalah arti sebuah nama”, maka dalam Islam dia memiliki arti yang sangat penting, karena ia juga merupakan sebuah doa.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam sendiri juga ketika mengetahui bahwa ada dari sahabat beliau memiliki nama yang buruk, beliau menggantinya dengan nama yang baik.

Nah, kembali kepada poin kita, pertanyaan yang sering ditanyakan adalah nama mumtaz untuk laki-laki atau perempuan.

Sebenarnya bebas, kata ini bisa digunakan untuk bayi laki ataupun perempuan. Tinggal kata lain yang mengiringinya.

Namun, yang sering dan populer adalah ia digunakan sebagai nama perempuan. Terkadang juga dengan sedikit berbeda menjadi mumtaza atau mumtazah yang artinya sebenarnya sama.

Nah, itulah penjelasan mengenai arti mumtaz jiddan yang dapat kami sampaikan, wallahu a’lam. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply