Breaking News

Manfaat Aqiqah dan Doa Aqiqah Anak Perempuan Sesuai Ajaran Islam

Dalam agama Islam, orang tua dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah, yaitu proses penyembelihan hewan pada hari ketujuh setelah anak dilahirkan. Aqiqah dilakukan sebagai ungkapan syukur kepada Allah atas lahirnya anak tersebut. Sebelum melaksanakan proses aqiqah, ada baiknya mengetahui manfaat aqiqah serta kumpulan doa aqiqah anak perempuan sesuai ajaran Islam terlebih dahulu.

Manfaat Melaksanakan Aqiqah

Aqiqah mempunyai banyak manfaat, baik untuk anak, orang tua anak, dan sesamanya. Manfaat melaksanakan aqiqah adalah sebagai berikut:

1. Mengamalkan Ajaran Islam

Hukum melaksanakan aqiqah adalah sunnah muakkadah, yaitu ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Apabila dilaksanakan akan memperoleh pahala, namun jika ditinggalkan tidak berdosa. Meskipun begitu, orang tua hendaknya tetap mengamalkan ajaran Islam ini.

2. Sebagai Bentuk ‘Tebusan’ Anak Sekaligus Perlindungan Dari Gangguan Setan

Aqiqah diketahui sebagai ‘tebusan’ bagi anak agar orang tua diberikan syafaat pada saat hari akhir. Pelaksanaan aqiqah juga dapat memberikan perlindungan dari gangguan setan pada anak yang baru lahir. Hal ini didasarkan pada hadis yaitu “lepasnya anak dari setan tergadai melalui aqiqah”.

3. Membagi Berkah Sekaligus Mempererat Tali Persaudaraan

Daging hewan yang disembelih dalam aqiqah sebagian boleh dimakan sendiri, sebagian lain dianjurkan untuk dibagikan kepada fakir miskin. Selain itu ketika pelaksanaan aqiqah, biasanya akan mengundang saudara sesama Muslim. Hal ini tentu akan lebih mempererat tali persaudaraan sesama manusia.

Kumpulan Doa Aqiqah Untuk Anak Perempuan

Terdapat beberapa doa yang bisa dibaca saat aqiqah anak perempuan, mulai dari menyembelih hewan, mencukur rambut, meniup ubun-ubun, hingga walimatul aqiqah. Kumpulan doa aqiqah anak perempuan adalah sebagai berikut:

1. Doa Menyembelih Hewan Aqiqah

Hewan yang disembelih dalam aqiqah adalah kambing. Khusus untuk anak perempuan kambing yang harus disembelih berjumlah satu ekor. Syarat kambing yang layak untuk disembelih adalah kambing yang berkualitas serta terbebas dari penyakit dan tidak cacat. Sebelum melakukan penyembelihan kambing, dianjurkan untuk membaca doa di bawah ini:

Bismillahiwallahu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu…(disambung nama anak)”.

2. Doa Mencukur Rambut Anak

Ketika aqiqah, baik anak laki-laki maupun perempuan dianjurkan untuk dicukur rambutnya, bahkan sampai gundul. Namun khusus anak perempuan, tidak masalah jika tidak mencukurnya sampai gundul. Rambut tersebut kemudian ditimbang, lalu memberikan sedekah seberat rambut yang ditimbang. Saat mencukur rambut anak, sebaiknya membacakan doa:

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil ‘alamin. Allahumma nuurus samaawaati wa nurusy syamsyi wal qamari, Allâhumma sirrullahi nuurun nubuwwati Rasulullahi Shallallahu ‘alaihi wasallam walhamdulillahi Rabbil ‘alamin“.

3. Doa Meniup Ubun-Ubun Anak

Setelah proses mencukur rambut anak, selanjutnya dianjurkan untuk meniup ubun-ubun anak. Ini dilakukan untuk memohon perlindungan dari Allah agar anak tersebut terhindar dari gangguan setan. Berikut doa ketika meniupkan ubun-ubun milik anak:

Allahumma innii u’iidzuha bika wa dzurriyyatahaa minasy syaithanir rajiim“.

4. Doa Walimatul Aqiqah

Walimatul aqiqah merupakan perjamuan dengan mengundang orang lain untuk menyantap hasil penyembelihan hewan aqiqah. Berkumpulnya orang-orang dalam aqiqah dilambangkan sebagai ungkapan kebahagiaan menyambut kelahiran anak. Adapun doa ketika walimatul aqiqah adalah sebagai berikut:

Allaahummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyaani wa min jami’is sayyiaati wal ‘ishyaani wahrishu bihadlaanatika wa kafaalatika al-mahmuudati wa bidawaami ‘inaayatika wa ri’aayatika an-nafiidzati nuqaddimu bihaa ‘alal qiyaami bimaa kalaftanaa min huquuqi rububiyyaatika al-kariimati nadabtanaa ilaihi fîmaa bainanaa wa baina khalqika min makaarimil akhlaaqi wa athyabu maa fadldlaltanaa minal arzaaqi. Allaahummaj’alnaa wa iyyaahum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur`aani wa laa taj’alna wa iyyaahum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolmi wath thughyani”.

Demikian doa yang bisa dibaca saat pelaksanaan aqiqah. Pembacaan doa aqiqah anak perempuan bertujuan untuk selalu mengingat karunia Allah sekaligus sebagai sarana menyampaikan permohonan kepada Allah. Melalui doa, seluruh rangkaian prosesi aqiqah diharapkan dapat berjalan lancar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.