Breaking News

Rekomendasi Doa untuk Bayi Kembung Perut yang Efektif dan Patut Dicoba

Keresahan orang tua kerap dialami saat anak masih bayi, sebab pada tahapan tersebut anak rentan terkena penyakit misalnya kembung perut. Dari berbagai macam cara pengobatan yang ada, salah satu anjuran yang diberikan orang-orang tua terdahulu yakni dengan membacakan doa untuk bayi kembung perut. Cara ini banyak dipakai sebagai pendamping selain menggunakan obat-obatan medis.

Doa yang dibacakan berkala sering dijadikan sebagai media penerang pada bayi yang mungkin saja rewel akibat ketidaknyamanan dari efek perut yang kembung. Kalimat-kalimat positif yang terkandung di dalam doa juga dipercaya mampu bertindak sebagai penurun kepanikan orang tua yang anaknya sedang sakit, sehingga bisa lebih tenang dalam menghadapi situasi kacau tersebut.

Doa Sebagai Alternatif Mengurangi Masalah Perut Kembung pada Bayi

Tidak dapat dipungkiri, doa memiliki keistimewaan tersendiri dalam mengatasi berbagai permasalahan hidup, termasuk mengurangi rasa sakit yang diderita pada siapapun termasuk bayi. Bahkan doa juga dianjurkan sebagai stimulan penghasil energi positif yang dipercaya mampu membangkitkan semangat dalam tubuh. Apabila bayi merasa kurang nyaman akibat kembung perut, berikut beberapa doa yang bisa dipakai untuk meredakan permasalahan tersebut;

1. Surah Al-Fatihah dan 3 Qul

Surah Al-Fatihah sebagai ummul Quran jika dikombinasikan dengan Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas (3 Qul) sering disebut sebagai surah Ruqyah. Ayat pada masing-masing surah mengandung penawar sakit jika diyakini. Cara pengaplikasian pada bayi yang mengalami masalah kembung perut bisa dengan membaca keseluruhan surah sambil mengusapkan perlahan telapak tangan orang tua pada perut bayi.

2. Doa Ibu

Berdasarkan hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, terdapat tiga doa mustajab yang dikabulkan oleh Allah, salah satunya doa ibu kepada anaknya. Ketika bayi sedang sakit sebaiknya ibu memanjatkan doa kepada tuhan. Doa tersebut tidak harus terpatok pada kalimah-kalimah tertentu, akan tetapi dengan keikhlasan yang mengharap ridho-Nya.

3. Doa Penghilang Rasa Sakit

Selain dua metode doa diatas, doa untuk bayi kembung perut juga bisa dengan menerapkan doa penghilang rasa sakit. Anjuran ini tentunya berdasarkan hadist nabi Muhammad SAW ketika seseorang dilanda kegelisahan dan rasa tidak nyaman akibat sakit yang diderita. Beberapa doa pereda rasa sakit yang bisa dicoba yakni;

  • Allahumma rabbin nas, adzhibil ba’sa fii, isyfi antasy syaafi laa syifaa-a illa syifaauka syifaa-an laa yughaadiru saqama Artinya: Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit ini, sembuhkanlah. Engkaulah Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan selain kesembuhan-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.
  • Bismillahi turbatu ardhina biriqoti ba’dina yusfa bi hii saqiimunaa bi idzni rabbina. Artinya: Dengan menyebut nama Allah, debu bumi dengan sebagian ludah kami, dengannya orang sakit di antara kami akan sembuh dengan izin Tuhan kami.
  • La Syafi Illa Anta. Artinya: Tiada Tuhan yang berhak menyembuhkan kecuali Engkau (Allah SWT)”.

Manfaat dan Pengaruh Doa untuk Bayi Kembung Perut jika Diamalkan Saat Sakit

Pengaruh doa tidak hanya terbatas pada orang dewasa yang sudah mengerti tata cara berdoa, tetapi juga kepada para pendengarnya, termasuk bayi yang sedang sakit. Secara umum pengaruh yang mungkin dirasakan bayi yang sedang sakit ketika orang tuanya memanjatkan doa yakni layaknya support secara batin yang diberikan kepada bayi sehingga timbul rasa nyaman.

Percaya atau tidak, doa juga menjadi salah satu sumber booster paling ampuh ketika menghadapi berbagai macam persoalan dan penyakit. Di dalam doa ada banyak sekali karomah dan rahmat dari Tuhan yang mampu mendorong manusia untuk bisa berfikir lebih positif. Mempercayai kekuatan Tuhan lewat doa juga merupakan manifestasi keimanan sebagai insan di bumi selain tawakal dan ikhtiar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.