Allahumma Arinal Haqqo Artinya, Tulisan Arab, dan Penjelasan

Allahumma arinal haqqo – Manusia diciptakan oleh Allah taala dalam keadaan memiliki potensi untuk menjadi hamba yang bertaqwa atau hamba yang gemar bermaksiat.

Orang-orang yang menginginkan dirinya tetap istiqomah dalam kebaikan tidak bisa hanya bergantung pada dirinya sendiri. Mereka perlu melakukan amalan yang paling utama yaitu berdoa, memohon petunjuk, dan menggantungkan diri kepada Allah taala.

Salah satu doa yang dapat kita panjatkan untuk memohon petunjuk adalah doa yang sedang kita bahas pada artikel ini. Simak selengkapnya berikut.

Arti Allahumma Arinal Haqqo

doa allahumma arinal haqqo

Terkadang, sesuatu belum jelas salah dan benarnya sehingga kita perlu untuk mengklarifikasi hal tersebut. Dalam menyikapi kondisi seperti ini, terdapat doa yang dapat kita lantunkan agar kita bisa tetap berada dalam kebenaran dan tidak terperangkap dalam kesalahan.

Doa dibawah ini merupakan doa ditunjukkan kebenaran dan kebatilan yang dapat kita baca agar Allah taala selalu menyingkapkan hakikat sesuatu kepada kita.

Tulisan Arab

اللهُمَّ أَرِنَا الحَقَّ حَقّاً وَارْزُقْنَا التِبَاعَةَ وَأَرِنَا البَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Teks Latin

Allahumma arinal haqqo haqqo warzuqnattiba’ah wa arinal batila batila warzuqnajtinabah

Artinya

Ya Allah, tunjukkanlah kebenaran kepada kami sebagai kebenaran dan karuniakanlah kepada kami untuk mengikutinya. Serta tunjukkanlah kebatilan kepada kami sebagai kebatilan dan karuniakanlah kepada kami untuk menjauhinya.

***

Apabila kita amati, kita akan dapati bahwa doa di atas mempertentangkan antara alhaq dan albathil secara tegas. Hal ini sesuai dengan larangan Allah taala dari mencampuradukkan antara kebenaran dan kebatilan. Allah taala berkalam:

وَلَا تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ وَتَكْتُمُوا الْحَقَّ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Dan janganlah kalian mencampur kebenaran dengan kebatilan dan kalian menyembunyikan kebenaran sedang kalian mengetahui. [Qs. Al-Baqarah (2) : 42]

Baca Juga: Doa Allahumma Afini Fi Badani Lengkap Tulisan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Allahumma Arinal Haqqa Surat Apa?

Pertanyaan ini sering muncul ketika ada tulisan yang mengangkat mengenai doa ini. Contohnya adalah sebagaimana ditanyakan oleh saudara kita pada gambar di bawah:

allahumma arinal haqqa surat apa

Pada gambar di atas, mas Haham sedang bertanya dengan pertanyaan berikut:

Assalamualaikum Wr. Wb.

Mohon nanya, doa itu dari Qur’an ( surat apa, ayat berapa ) atau Hadis, atau karangan ulama?

Terimakasih

Wallahu a’lam, Ibnu Katsir menyebutkan doa ini dalam kitab tafsir beliau ketika menjelaskan surat Al-Baqarah ayat 213. Beliau menjelaskan bahwa doa ini adalah doa yang ma’tsur, akan tetapi beliau tidak menyebutkan asalnya.

Ada sebagian ulama menyandarkan doa ini kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Sebagian lain menyandarkannya kepada sahabat Umar bin Al-Khaththab radliyallahu anhu. Saya sendiri belum mendapatkan riwayat yang menunjukkan bahwa ia berasal dari Nabi ataupun sahabat Umar sehingga saya tidak berani untuk menegaskan asal dari doa ini darimana.

Ketika membaca beberapa situs yang memuat doa ini, sebagian mengatakan bahwa ia terdapat dalam kitab Shahihul Bukhari. Sebagian lain saya temukan mengatakan bahwa ia terdapat dalam kitab Musnad Ahmad. Sayangnya, situs-situs itu tidak menyebutkannya secara rinci sehingga kita tidak bisa menelitinya lebih lanjut.

Namun, hanya karena kita belum mengetahui asalnya bukan berarti kita tidak boleh membacanya. Isi dari doa ini adalah bagus dan kita diperbolehkan untuk berdoa apapun selagi itu adalah doa yang baik dan tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Kandungan Doa Arinal Haqqo Haqqo

Doa ini termasuk dari doa jawami’ yang memiliki banyak manfaat. Dengan membacanya, kita diajari untuk meminta kepada Allah agar menjadikan kita mengetahui hal yang benar di saat banyak orang berselisih tentang sesuatu.

Doa ini juga mengajarkan kita untuk memohon kepada-Nya agar menjadikan kita tergerak untuk mengikuti kebenaran dan istiqamah berada di atasnya.

Sebaliknya, kita meminta kepada Allah agar menampakkan kejelekan secara jelas kepada kita dan menggerakkan hati kita agar menjauh darinya sehingga kita tidak terjatuh padanya.

Demikianlah penjelasan mengenai doa allahumma arinal haqqa seputar tulisan Arab, Latin, dan artinya serta penjelasan yang terkait dengannya, wallahu a’lam.

Tuliskan Komentar Anda