Doa agar Masalah Segera Selesai

Dzikir agar masalah cepat selesai – Meskipun masalah pasti akan mengenai kita, tetapi ia merupakan salah satu hal yang patut kita waspadai. Bukan hal yang mustahil bahwa sebuah masalah yang berat bisa membuat orang melenceng dari jalan yang lurus.

Oleh karena itu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita doa afiyah agar kita terhindar dari masalah yang berat.

Tetapi, ketika masalah terlanjur mengenai kita, maka kita harus menghadapi masalah tersebut. Rasulullah mengajarkan kepada kita akan doa agar kita segera diberi jalan keluar dari kesulitan.

Cara Menghadapi Masalah

Beberapa kiat agar anda tenang dan mampu menyelesaikan masalah dengan baik adalah:

  1. Bacalah doa untuk menenangkan hati. Hal pertama ini harus kita lakukan agar kita tetap mampu berpikir jernih. Mengenai doanya, semua sudah saya tuliskan dalam artikel doa penenang hati.
  2. Ingatlah bahwa Allah tidak membebani hamba diluar kemampuannya. Dengan mengingat ini akan membuat kita menghindari keluhan dan kufur terhadap Allah.
  3. Bacalah doa agar segera terhindar dari masalah. Setelah semuanya tenang, kita bisa berdoa dengan doa-doa berikut ini.

Dzikir agar Masalah Cepat Selesai

Selain menjadi kunci dari kesuksesan, dzikir juga bisa menjadi solusi atas sebuah masalah.

Apabila anda sedang menghadapi kesulitan, bacalah wirid dan doa berikut ini agar masalah segera dimudahkan oleh Allah taala.

1. Doa Nabi Yunus

Ketika telah masuk dan berada dalam kegelapan di perut ikan, nabi Yunus berdoa dengan wirid berikut ini:

Bacaan Arab

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Teks Latin

La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadh dhalimin

Artinya

Tiada sesembahan (yang pantas disembah) kecuali Engkau. Mahasuci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk dari golongan orang-orang yang zalim.

Setelah membaca doa tersebut, maka Allah berkalam:

فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ

“Maka Kami memberi ijabah untuknya dan Kami menyelamatkannya dari kesusahan. Dan seperti itulah kami menyelamatkan orang-orang yang beriman.” [Al-Anbiya (21) : 88]

2. Memperbanyak Istighfar

Lazimilah selalu akan bacaan istighfar. Ibnu Abbas radliyallahu anhu bercerita bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ لَزِمَ الِاسْتِغْفَارَ، جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَمِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

“Barang siapa melazimi istighfar, Allah pasti jadikan baginya dari setiap kesempitan akan jalan keluar, dari setiap kesusahan akan kemudahan, dan Dia pasti memberi rezeki kepadanya dari arah yang tidak dia sangka.” [Hr. Abu Dawud]

Semoga Allah menghindarkan kita dari masalah yang buruk dan memberikan keberkahan dalam hidup kita, amin.

Tinggalkan Balasan