Doa Allahumma Inna Nas Aluka Salamatan Fiddin

Allahumma inna nas aluka salamatan fiddin adalah salah satu contoh doa yang digunakan untuk meminta keselamatan kepada Allah taala.

Mungkin kita telah sering mendengarkan bacaan ini dilafalkan oleh orang-orang yang ada di sekitar kita. Biasanya yang membacanya adalah para imam atau ustadz setelah mengisi sebuah kajian.

Hanya saja, ternyata masih banyak saudara-saudara kita yang belum tahu bagaimana tulisan arab dan apa artinya. Mungkin karena keterbatasan waktu sehingga hal ini bisa terjadi.

Oleh karenanya, di sini kami akan berusaha membahasnya selengkap mungkin agar dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi kami sendiri.

Pentingnya Meminta Keselamatan

Sebagai seorang manusia yang hidup di dunia ini, berbagai macam masalah dan ujian tentu akan mengenai kita semua. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang yang terkena musibah bisa mendapat fitnah. Fitnah dalam urusan dunia ataupun masalah agama.

Di zaman Nabi shallallahu alaihi wa sallam pun, peristiwa seperti ini pernah terjadi.

Di dalam Al-Quran, kita bisa membaca ceritanya pada surat At-Taubah (9) ayat 75-76. Ia adalah cerita yang sudah sangat masyhur.

Ceritanya berkaitan dengan seorang sahabat  yang awalnya miskin kemudian meminta kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam untuk didoakan agar diberi kekayaan.

Ketika didoakan dan doa beliau dikabulkan, sahabat tadi benar-benar menjadi kaya. Akan tetapi, setelah menjadi kaya, ternyata dia tidak selamat dari fitnah harta. Dia malah enggan membayarkan zakat yang telah menjadi kewajibannya.

Pada akhirnya, sahabat yang dulunya miskin dan beriman, meninggal dalam keadaan dimurkai oleh Allah taala setelah menjadi kaya.

Cerita di atas adalah sebuah contoh dari fitnah harta, dimana ia juga menjadi salah satu sebab agar kita meminta keselamatan kepada Allah daripadanya.

Allahumma Inna Nas Aluka Salamatan Fiddin

tulisan arab doa allahumma inna nas aluka salamatan fiddin

Doa ini sebenarnya bukan doa yang ma’tsur dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Ma’tsur maksudnya adalah yang didapat dari Nabi. Dengan kata lain, doa ini adalah buatan manusia selain Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

Tulisan Arab

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلَامَةً فِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَ قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ، اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةً مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَعِنْدَ الْحِسَابِ

Bacaan Latin

Allahumma inna nas’aluka salamatan fiddin, wa afiyatan fil jasadi, wa ziyadatan fil ilmi, wa barakatan fir rizqi, wa taubatan qablal maut, wa rahmatan indal maut, wa maghfiratan ba’dal maut. Allahumma hawwin alaina fii sakaratil maut, wa najatan minan naari, wal afwa indal hisab.

Teks Terjemahan

“Ya Allah, sesungguhnya kami meminta kepada engkau akan keselamatan pada agama, afiyah pada jasad, pertambahan pada ilmu, keberkahan pada rezeki, taubat sebelum kematian, rahmat ketika mati, dan ampunan setelah kematian.

Ya Allah, mudahkanlah bagi kami pada sakaratul maut. (Kami meminta kepada engkau) akan keselamatan dari api neraka dan pemaafan ketika hisab.”

Baca Juga: Doa Allahumma Ajirna Minannar Artinya, Tulisan Arab, dan Penjelasan

Maksud Doa Allahumma Inna Nas Aluka Salamatan Fiddin

Doa ini mengandung beberapa permintaan yang kita panjatkan kepada Allah taala. Detailnya adalah sebagaimana di bawah ini:

  1. Keselamatan pada agama. Sebagaimana yang telah kita ketahui, agama adalah sesuatu yang paling berharga yang kita miliki. Ia yang akan menjadi penentu nasib baik dan buruk kita di akhirat nanti. Orang yang agamanya baik, maka akan dimasukkan ke dalam syurga. Sebaliknya, orang yang tidak beragama Islam akan dimasukkan ke dalam neraka.
  2. Afiyah pada jasad. Afiyah adalah selamat dari sakit dan cela yang tidak disukai. Setelah agama, maka tubuh yang sehat adalah aset yang sangat berharga.
  3. Pertambahan pada ilmu. Ilmu adalah sesuatu yang berharga. Bagaimana tidak, seseorang akan dianggap mulia salah satunya karena ilmu yang dia miliki.
  4. Keberkahan pada rezeki. Berkah adalah banyaknya kebaikan. Meskipun rezeki kita tidak seberapa, bila berkah maka ia mencukupi. Sebaliknya, sebanyak apapun rezeki yang kita dapat, bila tidak berkah, ia justru akan berbalik menjadi malapetaka bagi kita.
  5. Taubat sebelum kematian. Setiap manusia pasti pernah melakukan perbuatan dosa. Sebaik-baik manusia adalah orang yang ketika berbuat dosa, mereka segera bertaubat kepada Allah taala. Pintu taubat selalu dibuka, sebelum terjadinya kiamat dan sebelum kematian datang kepada kita.
  6. Rahmat ketika mati. Seseorang tidak akan masuk ke dalam syurga kecuali karena rahmat Allah. Oleh karena itu, rahmat-Nya adalah sesuatu yang sangat diharapkan oleh manusia.
  7. Ampunan setelah kematian. Ketika seseorang telah mengalami kematian dan dirinya diampuni oleh Allah taala, maka sungguh orang itu adalah orang yang sangat beruntung.
  8. Kemudahan pada sakaratul maut. Detik-detik sekarat adalah waktu yang sangat sulit dan menyakitkan. Hanya orang-orang yang mendapat ridho dari Allah yang akan mendapatkan kemudahan saat menghadapi peristiwa itu.
  9. Keselamatan dari api neraka. Sekuat apapun manusia di dunia, ia tidak akan mampu untuk menahan beratnya siksa. Oleh karena itu, meminta agar diselamatkan darinya adalah pilihan terbaik.
  10. Pemaafan ketika hisab. Peristiwa ini adalah peristiwa yang sangat menegangkan. Bagaimana tidak, setiap amal manusia semasa hidup dibongkar oleh Allah. Besar dan kecil semua ditampakkan oleh-Nya. Saat itu, maaf dari Allah taala adalah sesuatu yang sangat diharapkan.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai doa allahumma inna nas aluka salamatan fiddin artinya, tulisan Arab, dan maksud darinya, wallahu a’lam. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Arti Innallaha Ma’ashobirin